Beasiswa PNS BAPPENAS 2007-2008 S2 S3 Dalam dan Luar Negeri

Beasiswa bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) PUSBINDIKLATREN oleh BAPPENAS. Seiring dengan perkembangan zaman menuju era modernisasi, pendidikan menjadi investasi yang pasti bagi semua orang. Tak hanya bagi orang kota saja, tapi juga orang yang tinggal di daerah terpencil sekalipun. Tak hanya bagi orang berduit saja yang mampu membayar mahal untuk pendidikan mereka, tapi juga bagi orang yang kurang mampu sekalipun berhak atas pendidikan yang sesungguhnya merupakan tanggung jawab pemerintah.

Berkenaan dengan hal ini, pemerintah dan berbagai lembaga mempunyai itikad baik untuk memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa Indonesia dengan mengedepankan pendidikan sebagai pilar utama kekuatan suatu bangsa. Anggaran pendidikan minimal 20% dari APBN harus segera terealisasikan. Ini merupakan pilihan wajib yang harus diambil oleh pemerintah.

Dalam hal ini, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perencana secara berkala menjalankan program beasiswa bagi PNS berpendidikan S1 dan S2 yang ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang pasca sarjana (S2 dan S3) untuk kuliah di universitas dari dalam negeri dan luar negeri. Program beasiswa ini dinamakan Beasiswa PUSBINDIKLATREN. Program beasiswa yang ditawarkan PUSBINDIKLATREN:

  1. Program pendidikan gelar Pasca Sarjana:
    Program Doktor (S3) Universitas Dalam Negeri
    Program Magister S2 13 bulan di 17 program studi pada 11 Universitas dalam negeri
    Program S2 double degree pada 5 Universitas yang ada di Indonesia
    Program Master (S2) di Luar Negeri
  2. Program Diklat Non-Gelar (Jangka Pendek)

Persyaratan Calon Penerima Beasiswa PUSBINDIKLATREN Tahun 2007:

  • Mereka yang berhak melamar program beasiswa Pusbindiklatren adalah mereka yang memenuhi persyaratan seperti yang disebutkan di atas, dan belum pernah mengambil/memiliki gelar S2 untuk yang melamar beasiswa S2, serta belum pernah mengambil/memiliki gelar S3 untuk yang melamar beasiswa S3, dengan mengisi formulir pendaftaran dan diusulkan secara resmi oleh instansi asalnya melalui pejabat pengelola kepegawaian atau atasan langsung (minimal eselon II). Surat usulan yang dimaksud harus menyebutkan nama-nama pegawai yang diusulkan oleh instansi, dan program/topik beasiswa yang diminati.
  • Pusbindiklatren telah mengirimkan formulir pendaftaran ke seluruh Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota melalui Sekda, BKD, dan Ketua Bappeda. Untuk mendapatkan formulir tersebut dapat menghubungi pejabat yang bersangkutan, atau dapat didownload pada situs: http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id.
  • Pusbindiklatren hanya akan menindaklanjuti formulir pendaftaran yang bermaterai dan bertandatangan asli dengan persetujuan dari atasan langsung (minimal eselon II). Untuk Program Seleksi Beasiswa Pusbindiklatren Tahun 2007 ini, kami tidak lagi memproses usulan dan formulir yang disampaikan melalui faksimili.
  • Formulir pendaftaran harus dilengkapi dengan dokumen pendukung yaitu:
    Ijazah dan transkrip S1/S2 yang telah dilegalisir;
    Foto kopi SK Pengangkatan PNS 100% pada golongan III/a, atau SK pengangkatan terakhir, yang telah dilegalisir;
    Pernyataan Rencana Studi (dalam bentuk esai), sebagaimana format terlampir:
  • Formulir dapat disampaikan langsung kepada:
    Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana Bappenas
    Jl. Taman Surapati No. 2
    Jakarta 10310

    atau dapat dikirimkan melalui pos ke alamat:
    Jl. Proklamasi No. 70 Jakarta 10320

Lamaran beasiswa Bappenas ini harus sudah diterima panitia terkait sebelum tanggal 29 Desember 2006 (cap pos).

Advertisement