Perguruan Tinggi Kembali dibawah Kementerian Pendidikan

Perguruan tinggi kembali digabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf.

Dalam periode pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin, banyak pihak yang bertanya-tanya mengenai Pendidikan Tinggi (Dikti) di Indonesia akan berada dalam naungan kementerian apa? Apakah pos Dikti akan masuk kembali ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ataukah ada lembaga baru?

Pada periode Jokowi – Jusuf Kalla, Dikti berada dalam naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kini Kementerian mengalami perubahan nomenklatur menjadi Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional. Menristek saat ini adalah Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. Sedangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sekarang yaitu Nadiem Makarim.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi mengatakan pendidikan tinggi di Indonesia akan kembali berada di bawah Kemendikbud usai Nadiem Makarim resmi menjabat menteri. Hal tersebut ditegaskan Muhadjir Effendi saat sambutan di acara serah terima jabatan posisi Mendikbud kepada Nadiem Makarim, di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (23/10/2019) siang. Dalam kabinet Jokowi periode pertama, pendidikan tinggi menjadi bagian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Namun, pada Kabinet Indonesia Maju, perguruan tinggi digabung kembali ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Tirto)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tak hanya akan mengurus pendidikan di tingkat sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas. Pendiri perusahaan rintisan Gojek ini juga akan mengurus perguruan tinggi. Sebab, urusan perguruan tinggi yang semula disatukan di Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi kini sudah dikembalikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Kompas)

Lalu, bagaimana dengan beasiswa bidikmisi? Bidikmisi merupakan program pemerintah RI dalam membantu membiayai pendidikan tinggi bagi mahasiswa berlatar ekonomi kurang mampu tetapi mempunyai potensi, prestasi dan kecakapan akademik yang bagus. Program beasiswa bidikmisi ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan perguruan tinggi negeri/swasta terpillih.

Baca juga: Cara Memenangkan Beasiswa



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *